Sabtu, 28 Januari 2012

Isi Renungan Kabar Baik Januari-Februari 2012

SETIA MEMBAWA BERKAT
Bacaan: Rut 1:1-22
”Tetapi kata Rut: ’Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti  engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam; bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku’” (Rut 1:16).

Seorang anak remaja bekerja di rumah seorang pengusaha kaya. Dengan setia anak ini membersihkan rumah, mencuci mobil tuannya, merawat dan memberi makan anjing milik tuannya, menyirami bunga-bunga di taman, dan segala pekerjaan lainnya yang dapat dikerjakan anak tersebut. Setelah sepuluh tahun berlalu, tuanya menderita sakit parah. Harta kekayaan yang dimiliki sedikit demi sedikit mulai dijual untuk biaya berobat. Anak remaja ini dengan setia merawat majikannya yang sakit. Sampai akhirnya majikannya meninggal dunia. Sebelum meninggal, dia sudah menuliskan surat wasiat yang isinya bahwa rumah yang ditempati ini diwariskan kepada anak remaja tersebut. Akhirnya anak ini memperoleh rumah, upah dari kesetiaannya.
Rut adalah menantu Naomi yang berasal dari Moab, suaminya telah meninggal dunia. Naomi sendiri orang Betlehem-Yehuda. Setelah kehilangan suami dan kedua anak laki-lakinya, maka Naomi berniat meninggalkan Moab dan kembali ke kampung halamannya di Bethelem-Yehuda. Kedua menantu Naomi dinasehati agar tidak usah ikut Naomi, biarlah mereka tetap di Moab saja. Orpa memilih untuk meninggalkan Naomi dan tetap tinggal di Moab. Sedangkan Rut memiliki pendirian lain. ”Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku” (Rut 1:16). Dari ucapan ini nampak kesetiaan Rut. Meski Naomi sudah menjadi janda dan tidak memiliki kekayaan serta anak laki-lakinya, Rut tetap setia mengikuti mertuanya. Hasil dari kesetiaannya, Rut bertemu Boas dan menikah dengannya. Rut menjadi orang kaya dan dari keturunan Rut inilah lahirlah Raja Daud.
Saudaraku, sungguh luar biasa berkat yang akan diperoleh bila kita setia mengikuti dan melayani Tuhan. Ancaman dan godaan bisa saja menghalangi kita untuk tetap setia kepada-Nya, tetapi kita harus tetap bersemangat mengikuti dan melayani Tuhan. Kita percaya, ada upah yang menanti kita kelak di sorga (1 Korintus 15:58). (TM)
Jangan Mundur Melayani Tuhan, Sebab Ada Upah yang Menanti Kita
Doa: Tuhan Yesus, ampuni saya bila terkadang karena keadaan berkeinginan untuk meninggalkan-Mu. Tetapi, sekarang saya mau komitmen untuk tetap setia, sampai akhir hidupku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar