Selasa, 17 Januari 2012

RENUNGAN KABAR BAIK JANUARI-FEBRUARI 2012


Selasa, 17 Januari 2012
HATI-HATI SALAH GAUL
Bacaan: 1 Korintus 15:31-34
”Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik”
(1 Korintus 15:33).

Seorang teman saya, sebut saja Jerry, tinggal di kost. Teman-teman di kostnya selalu merokok di ruangan tamu. Setiap kali Jerry pulang ke kost, seluruh ruangan tamu dipenuhi asap rokok. Hal ini membuatnya jengkel. Dalam hatinya dia berkata, ”memangnya hanya kalian saja yang bisa merokok. Saya juga bisa.” Benar saja, keesokkan harinya dia pulang ke tempat kost sambil merokok. Mulutnya mengeluarkan kepulan asap rokok. Akhirnya Jerry terjerat dengan kebiasaan merokok.
Firman Tuhan hari ini mengingatkan kepada kita agar jangan sampai salah bergaul. Sebab pergaulan yang buruk itu dapat merusak kebiasaan baik. Bertahun-tahun orangtua mendidik anaknya agar melakukan kebiasaan baik. Setelah lepas SMA, anaknya kuliah di kota besar, tinggal di tempat kost. Di tempat inilah biasanya para remaja terjebak dengan kebiasaan buruk. Bila terus-menerus tinggal di dalam lingkungan yang tidak baik, maka nilai-nilai buruk yang dilakukan teman-teman kostnya akan dipraktekkan.
Saudaraku, biarlah kita senantiasa menjaga anak-anak kita dari segala pergaulan yang buruk. Bukan berarti kita ekslusif, tetapi mencegah agar nilai-nilai buruk itu tidak sampai menjadi kebiasaan buruk pada anak-anak kita. Orangtua harus senantiasa mendoakan anak-anaknya agar diberikan teman yang baik. Selain itu, orangtua juga terus memantau perkembangan anak-anaknya, dengan menelpon atau sesekali datang ke tempat kostnya. Tanamkan nilai-nilai Alkitab kepada anak-anak kita, supaya mereka mampu menyaring sendiri mana yang baik dan mana yang salah. Yang salah harus dibuang, yang baik boleh diambil untuk dikembangkan. (TM)
Menanamkan Kebiasaan Baik Diperlukan Waktu Bertahun-tahun, Menanamkan Kebiasaan Buruk Cukup Dalam Hitungan Menit
Doa: Tuhan Yesus, tolonglah anak-anakku dalam pergaulan mereka, biarlah Tuhan mengirimkan teman-teman yang baik dan membangun. Biarlah anak-anakku tidak berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai kebiasaan buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar